Sabtu, 29 November 2014

Walkthrough Persona 4 Part 2

Oke kembali lagi di Blog Otaku Journal , hehehe seperti janji saya , saya akan membuat walkthrough persona 4 Part 2 So, Check this out:


22 May - Kalau kamu mendengarkan pembicaraan kemarin saat menuju ke sekolah, kamu akan mendengarkan sesuatu yang menarik. Periksa televisi untuk bertemu dengan "teman" lamamu, Tanaka! Kamu bisa memesan barang yang dia jual jika mau, tapi harganya cukup mahal, seperti biasa. Lakukan kegiatan yang kamu suka hari ini, ada beberapa Community yang aktif di hari Minggu.

Jika Academic kamu sudah mencapai tingkat 3, masuki Velvet Room untuk bertemu Margareth sendirian. Selesai bicara, Empress Community (女帝) akan aktif. Jangan lupa melakukan up-grade senjata dengan menjual bahan-bahan yang berhasil kamu temukan selama kamu menjelajah dungeon.

25 May - Hari ini ada 2 kerja sampingan baru yang bisa diaktifkan. Periksa papan yang sama, pilih pilihan 3 lalu pilihan 1 dan pilihan 2. Keduanya merupakan Community namun membutuhkan tingkat status tertentu untuk diaktifkan. Tower Community (塔)baru bisa diaktifkan jika nilai Communication kamu mencapai rank maksimal, sedangkan Devil Community (悪魔) baru bisa diaktifkan jika nilai Perseverance mencapai rank 3.

26 May - Bantu Yousuke dengan memilih pilihan 2 (神聖文字), hal ini akan meningkatkan poin Magician plus status Communication kamu. Selesai sekolah, lakukan kegiatan yang kamu suka. Selamatkan Kanji jika kamu belum sempat.

29 May - Hari bebas, kecuali jika point Strength kamu mencukupi. Mereka biasanya akan mengajak kamu jalan. Pilih pilihan 1 ketika mereka menawarkan buku dan dapatkan 魔女探偵ラブリーン, buku yang bisa dibaca untuk menambah Perseverance dan Tolerance. Poin Strength dan Chariot bakalan naik.

1 June - Tidak ada hal yang spesial hari ini. Di malam hari, jika kamu bicara dengan Doujima, dia akan mengajakmu berbelanja. Terima ajakannya dan kamu akan mendapat beberapa item penyembuh.

4 June - Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hari ini adalah batas waktu untuk menyelamatkan Kanji. Jika kamu gagal, Game Over. Jika sukses, kembali ke kamarmu untuk menonton Mayonaka Television. Akan ada event pendek.

6 June - Lihat event lagi dan Kanji akan ikutan bergabung dengan kelompok. Fool Community akan naik tingkat. Kamu akan langsung kembali ke rumah setelah event selesai.

8 June - Bantu Yukiko dengan memilih jawaban ke 2 (下手な役者). Di akhir sekolah, wali kelasmu akan "meminta" bantuanmu menyampaikan pesan ke Student Health Committee. Pilih pilihan 2 (サントー製薬の北尾) lalu pilihan 1 (....納品でいいか) untuk meningkatkan Academic dan Communication. Kamu juga akan bertemu dengan Naoki Konishi, dia memegang Hanged Man Community kelak.

9 June - Mulai hari ini kamu bisa menantang boss tambahan di lantai terakhir dungeon Kanji. Bicara dengan Kanji untuk memasuki dungeon tersebut. Selain itu, jika status Tolerance kamu sudah mencapai Rank 4 saat ini (agak mustahil sih sebenarnya...), bicara dengan Naoki Konishi di 1F sekolah. Lakukan ini selama 3x untuk mengaktifkan Hanged Man Community (刑死者).

Selain itu, kalau kamu keluar dari ruangan kelasmu, akan ada satu anak perempuan di dekat tangga (bukan Sun Community). Bicara dengannya lalu pergi ke 1F gedung sebelah. Bicara dengan Kanji disana, ajak dia bicara dan kamu akan mengaktifkan Emperor Community (皇帝). Jika kamu memutuskan melawan boss tambahan, periksa panggung yang ada setelah menang untuk senjata baru Kanji.

BOSS:狭量の官

Kelemahan: Petir

Boss ini memiliki kelemahan untuk segala serangan berelemen petir, jadi gunakan semua yang berhubungan dengan petir (Zio). Jeleknya, boss satu ini juga sering menggunakan elemen es dan angin, yang merupakan kelemahan Yukiko dan Kanji. Susahnya, kamu memerlukan Kanji karena dia memiliki Zionga ( ジオンガ) yan merupakan elemen petir.

Antara kamu membawa Kanji dan bergegas menyembuhkannya setiap kali dia terkena status Down, atau kamu membawa Persona yang memiliki skill Zio / Zionga serta tidak memiliki kelemahan di elemen angin. Gunakan elemen petir lalu aktifkan All Out Attack. Lakukan ini beberapa kali, sambil menyembuhkan HP serta melakukan Guard sekali-kali dan kamu akan menang.

12 June - Jika poin High Priestess kamu cukup tinggi, maka Yukiko akan mengajakmu kencan hari ini. Jika tidak, lakukan kegiatan yang kamu suka. Nanako juga berbelanja hari ini, jadi jika kamu mau kamu bisa membuat Bento.

13 June - Jawab pertanyaan guru dengan pilihan 2 (無酸素運動). Sebaiknya saat ini kamu gunakan untuk menaikkan Rank Yukiko atau Chie karena kelak kamu bisa menambah poin untuk mereka sehingga kemungkinan naik rank lebih cepat.

15 June - 16 June - Kali ini jawab dengan pilihan 3 (立っている姿) untuk membantu Yousuke. Tanggal 16 Yukiko akan mengajakmu berbelanja bersama Chie untuk sekolah di alam bebas mendatang. Kalau kamu mengerti jepang, pasti tahu kenapa MC jadi panik saat berbelanja.

17 June - 18 June - Akan ada event mengenai sekolah di alam bebas. Silahkan tertawa puas melihat adegan yang kocak. Saat ada pilihan mengenai makan kari, pilih pilihan 1 untuk meningkatkan poin Yukiko dan Chie. Saat Kanji bertengkar dengan Yousuke, beda pilihan akan meningkatkan tingkat status berbeda. Saat di danau, jika kamu pilih salah satu gadis, poin mereka akan naik.

20 June - Kembali ke sekolah dengan semangat baru dan pertanyaan baru. Jawab pertanyaan guru dengan pilihan 2 (ソクラテス).

21 June - 24 June - Akan ada sederetan event mengenai Rise Kujikawa, jadi kamu tidak bisa melakukan aktifitas di siang hari. Malam harinya kamu juga harus menonton Mayonaka Television. Di tanggal 24, Star Community akan aktif secara otomatis. Saatnya mengumpulkan info. Pertama, kembali ke sekolah dan pergi ke 2F gedung sebelah. Cari anak laki-laki yang gendut yang merupakan fansnya Rise dan bicara dengannya.

Selanjutnya pergi ke Toko Rise, yang terletak di sebelah だいだら. Kamu tidak bisa masuk ke dalam, jadi bicara saja dari luar untuk mengumpulkan info yang kamu perlukan. Hari ini cukup dulu, lakukan kegiatan apa pun yang kamu mau untuk mengakhiri hari.

25 June - Saatnya melanjutkan penyelidikan. Pergi ke pinggiran sungai dan bicara dengan seorang laki-laki di sana, laki-laki pertama yang kamu lihat, bukan yang paling ujung. Pilih pilihan 1 (申し出を受ける) lalu pilihan 2 (悩み.....). Bicara lagi dengannya dan kali ini pilih pilihan 1 lagi (TV と は別人....). Jika sukses, kamu akan membuka dungeon berikutnya (akan ada suara bel).

Setelah berhasil mengumpulkan data, pergilah ke Mayonaka Television dan bicara dengan Kuma untuk membuka dungeon Rise. Sebaiknya kamu mempersiapkan diri sebaik mungkin karena kamu kelak akan melawan 2 boss sekaligus. Persiapkan diri dengan Persona yang memiliki kemampuan heal yang baik, seperti Mediarama (メディラマ) dan Dekunda (デクンダ).

Jika kamu memutuskan untuk mulai menjelajah, persiapkan dirimu sebaik mungkin. Di 3F kamu akan menemui Shadow Rise, kejar dia sampai kamu tiba di 7F. Lampu akan langsung mati disini, jadi kamu akan menjelajah dalam gelap. Jelajahi semua lantai sampai kamu menemukan sebuah layar dimana Kuma akan memperingatkanmu sebelum masuk.Ada boss di dalam.

BOSS 7F: 淫欲の蛇

Kelemahan: Api

Yukiko akan sangat membantu disini, jadi sebaiknya alihkan tugas heal ke angota lain. Boss ini akan menyerang dengan status poison, jadi sembuhkan secepat mungkin. Gunakan Agilao ( アギラオ) untuk menyerang kelemahan boss ini dan aktifkan All Out Attack sesering mungkin.

Setelah menang, jangan lupa mengambil item Soma (ソーマ) di bagian belakang. Kalau kamu terluka terlalu banyak dan punya cukup uang, sebaiknya kembali ke area awal dan minta Kitsune menyembuhkanmu. Kembali ke layar awal yang tadi tidak bisa kamu buka. Lanjutkan perjalananmu sampai ke 11F. Jangan lupa untuk save dan persiapkan diri dengan item penyembuh status Silence. Setelah siap, singkap layar yang ada dan lihat event.

BOSS: RISE'S SHADOW (りせの影)

Kelemahan: -

Jangan mikir macam-macam terhadap pose boss satu ini. Boss satu ini memiliki serangan berelemen api, jadi waspada selalu jika Persona kamu memiliki kelemahan ini. Gunakan serangan terkuat yang kamu miliki sambil memperhatikan HP. Dia juga sering menimbulkan serangan status, jadi sembuhkan secepatnya. Waspada saat dia mengeluarkan マハアナライズ! Saat ini terjadi, secepatnya lakukan Guard. Lakukan Guard terus dan battle akan berakhir... untuk sementara. Siap-siap untuk boss berikutnya!

BOSS: KUMA'S SHADOW (クマの影)

Kelemahan: -

Untungnya HP dan SP kamu langsung pulih sebelum melawan boss ini. Hal yang harus kamu waspadai adalah saat dia mengeluarkan Marakunda ( マハラクンダ), secepatnya gunakan Dekunda (デクンダ) untuk mengembalikan statusmu seperti semula. Jika kamu membawa Yukiko, setelah boss ini melakukan Concentrate (コンセントレイト), perintahkan Yukiko untuk melakukan Guard. Segera sembuhkan karakter yang terkena status Silence.

Saat boss ini mengangkat tangannya dan mengeluarkan Ultra Charge (ウルトラチャージ), kamu bisa melakukan dua hal. Giliran pertama, lakukan heal secepat mungkin dan saat giliran kedua, secepatnya lakukan Guard untuk mencegah efek Down. Pertarungan ini jauh lebih berat daripada saat melawan Rise, tapi bisa dimenangkan jika kamu berhati-hati.

Makin sedikit HP boss ini, semakin agresif dia. Jadi jika kamu memiliki Tarunda atau Rakunda, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakannya. Perhatikan saja HP serta SP kamu dan jangan segan mengganti-ganti Persona jika dibutuhkan. Yang penting, setiap kali dia melakukan Ultra Charge, di giliran kedua, lakukan Guard.

Setelah menang, Rise akan mendapatkan Himiko sebagai Persona miliknya dan Kuma mendapatkan Persona Kintoki Douji. Tarik nafas, tugasmu sudah selesai untuk hari ini. Batas waktu kamu untuk menolong Rise adalah sampai tanggal 9 Juli.

27 June - Pilihan yang benar adalah pilihan nomor 1 (憎しみ、嫉妬) saat guru bertanya padamu. Jika kamu mencapai Rank 4 untuk Devil, maka kamu bisa mengaktifkan Death Community (死神) di pinggiran sungai. Bicara dengan Hisanai Kuroda, si nenek tua untuk mengaktifkannya.

30 June - Untuk pertanyaan berikutnya, jawab dengan pilihan ke 2 (ヤリキレナイ川).

4 July - Bimbing Yousuke dengan menjawab pilihan 2 (もちろん"様").

8 July - Jawab dengan pilihan 3 (柿本人麻呂). Kalau kamu belum menyelamatkan Rise sampai hari ini, sebaiknya lakukan secepatnya karena waktu hampir habis.

9 July - Game Over jika kamu belum berhasil menyelamatkan Rise. Jika sudah, maka tidak ada siapa pun di dalam Mayonaka Television.

10 July - Fool Community akan naik 2 tingkat, bersamaan dengan bergabungnya Rise serta Kuma ke dalam kelompok. Rise akan berfungsi seperti Fuuka di Persona 3. Selain itu Igor akan memberitahumu bahwa kamu bisa membuat Persona baru dengan menggabungkan 4 - 6 Persona. Kamu bisa mulai menaikkan Rank Empress sampai melewati Rank 4 saat ini.

Kuma juga akan punya "penampilan" baru mulai saat ini, jadi jangan kaget saja saat melihatnya. Kamu juga bakalan berkenalan resmi dengan Shirogane Naoto, dia akan bergabung nanti di belakang. Jadi saat ini hiraukan saja semua sindiran-sindiran miliknya, nggak ada gunanya di dengar.

11 July - Kamu akan mendapatkan wali kelas baru pagi ini, seorang "ibu guru" yang cukup unik.... Rapat kelompok untuk membicarakan masalah Mayonaka Television. Tidak ada aktifitas di siang hari.

12 July - Waktu tes makin dekat. Kamu bisa belajar di Perpustakaan dengan salah satu temanmu. Jika kamu mengajak salah satu dari mereka, poin kamu dengan Community mereka akan naik, kecuali dengan Rise. Malam harinya Nanako akan memberitahu bahwa dia baru selesai berbelanja, terserah padamu mau membuat Bento atau tidak.

13 July - Jawaban yang benar adalah jawaban ke 3 (未熟であったこと). Sebaiknya lakukan up grade senjatamu, terutama milik Kuma.

14 July - Waktunya menjawab pertanyaan lagi. Jawab dengan pilihan 2 (曙) dan selesai sekolah, kamu bisa belajar bersama Yukiko jika kamu bicara dengannya. Malam harinya kamu bisa kembali membuat Bento kalau mau.

15 July - Pilih pilihan 2 (思わない) saat guru bertanya. Hari ini kamu bisa belajar bersama dengan Rise, tapi karena Community Rise belum aktif, yang naik hanya status Academic kamu. Kalau kamu memutuskan untuk tidak belajar bersama Rise, terserah mau melakukan apa.

16 July - Jawab dengan pilihan 1 (虫除け) dan karena hari ini turun hujan, sebaiknya kamu meningkatkan poin dengan belajar bersama salah satu temanmu. Yousuke dan Chie bisa ditemui di ruang kelasmu. Yukiko antara di kelasmu atau di lantai bawah. Kanji ada di 1F Gedung berikutnya. Kamu hanya bisa mengajak 1 orang saja, terkadang Sun Community masih aktif jadi kamu bisa juga menaikkan poin Community tersebut.

17 July - Jika poin StrengthCommunity kamu mencukupi maka mereka akan mengajakmu belajar bersama. Jika kamu menerima ajakan mereka, poin mereka akan naik, ditambah dengan poin untuk Chie dan Yukiko. Jadi jangan segan-segan dan terima ajakan mereka.

19 July - Pilih jawaban 3 (立っている姿) lalu pilihan 2 (ハム).

20 July - Jawaban yang benar adalah pilihan 2 (万葉集) dan pilihan 1 (悪法もまた法なり)

21 July - Pilihan 4 (虫除け) lalu pilihan 2 (強者への嫉妬・憎悪)

22 July - Pilih pilihan 3 (メロン) dan pilihan 2 (日が昇る前の明け方)

23 July - Akhirnya tes selesai juga! Akan ada pembicaraan kelompok lagi, jawab sesukamu. Setelah itu, kamu akan mengaktifkan Lover Community (恋愛). Kalau kamu kembali ke lantai paling atas dungeon Rise, maka kamu akan melawan boss rahasia lagi. Kelemahan boss tersebut adalah es, jadi kamu bisa menggunakan elemen es yang dimiliki Kuma, Chie dan MC untuk terus menerus mengaktifkan All Out Attack. Mudah kok!

Periksa bagian belakang panggung setelah kamu menang untuk mendapatkan senjata baru Kuma. Ingat, untuk melawan boss rahasia kamu bisa melakukannya kapan saja kamu mau.

25 July - Hasil tes akan diumumkan hari ini. Jika kamu sukses mendapatkan ranking teratas, poin semua Community di sekolah akan naik. Bicara dengan guru Mesir yang ada di paling ujung 2F, dekat lorong menuju gedung sebelah. Dia akan memberikan hadiah. Saat pulang, bicara lagi dengan Nanako untuk hadiah tambahan. Lumayan juga hasil kerja kerasmu...

26 July - Target berikutnya adalah orang yang tidak dikenal para teman-temanmu. Tapi kamu pasti ingat. Dia muncul di awal game. Selesai menelpon, pilih sesukamu dan Star Community akan naik tingkat.

27 July - Mulai hari ini libur musim panas dimulai. Sebaiknya tingkatkan Community teman team-mu karena hanya Community mereka yang aktif di saat liburan ini. TAPI Community mereka baru bisa dipilih setelah kamu membuka (dan mungkin menyelesaikan) dungeon berikutnya. Oh ya, setelah rapat dengan teman-temanmu maka FoolCommunity akan naik tingkat lagi.

Untuk hari ini, bicaralah dulu dengan Yousuke di Pusat Perbelanjaan bagian utara. Lalu temui Kanji di pinggir sungai (area memancing). Setelah itu, balik lagi ke pusat perbelanjaan dan bicara dengan Doujima (paman-mu). Hanya itu yang bisa kamu lakukan hari ini, jadi manfaatkan sisa waktu untuk meningkatkan Community atau memancing. Malam hari, lakukan kerja sampingan.

28 July - Hari ini pergilah ke Junes dan bicara dengan Adachi disana. Pilih pilihan 1 untuk menambah informasi yang kamu butuhkan. Lanjutkan dengan pergi ke toko makanan kecil, di sisi utara Pusat Perbelanjaan. Letaknya di belakang papan pengumuman dimana kamu me"lamar" kerja sampingan. Periksa tempat itu untuk berbicara dengan penjual toko. Beres untuk hari ini!

29 July - Begitu bangun pagi, langsung cabut ke Pusat Perbelanjaan. Di depan toko milik Rise, sekarang berdiri seorang pemuda berambut pirang. Bicara dengannya dan dia akan memberikan foto orang yang kamu cari. Orang ini bernama Mitsuo, mulai saat ini kamu bisa mengaktikan dungeon miliknya dengan berbicara dengan Rise di Mayonaka Television.

Dungeon berikutnya agak unik, tapi lebih mudah karena ada tanda tertentu. Setiap kali kamu hendak membuka pintu, perhatikan dinding di depan pintu tersebut. Jika terdapat gambar Pedang, berarti pintu tersebut akan membawamu ke lantai berikutnya. Jika gambar Lilin, maka kamu akan membuka lorong baru. Jika merupakan huruf T, maka pintu yang kamu buka akan berakhir di ruangan berisi musuh atau peti harta.

Saat tiba di 3F, ikuti jalan berikut sampai ke ujung untuk diteleport ke bagian berikutnya: KIRI-KANAN-KIRI-KANAN-KIRI dan ikuti jalan sampai tiba di pintu yang akan membawamu ke lantai berikutnya. Masalah berikutnya muncul saat kamu tiba di 7F. Pandangan kamu akan berganti posisi setiap kali kamu maju, SEBELUM kamu menuju ke lantai berikutnya, kamu harus melakukan sesuatu dulu.

Jadikan peta di sisi kanan atas sebagai panduanmu. Jadi kalau sudut pandangmu berubah, lihat peta dan kembali ke posisi semula. Arahkan perjalananmu ke sudut bagian kiri atas peta (tekan SELECT). Persiapkan dirimu dengan Persona yang memiliki serangan berelemen angin, atau bawa saja Yousuke. Setelah siap, periksa pintu yang ada dan Rise akan memperingatkanmu.

BOSS 7F: キリングハンド

Kelemahan: -

Boss ini akan terus menerus memanggil anak buahnya sampai dia dikalahkan. Untungnya anak buahnya lemah terhadap serangan elemen angin, seperti Garula ( ガルーラ). Jika Community teman-temanmu sudah mencapai rank 3 maka terkadang setiap kamu menggunakan elemen angin ke anak buah boss, mereka akan mengikuti dengan serangan berikutnya. Gunakan serangan kelompok untuk mempercepat battle.

Setelah menang, ambil くらやみのたま di bagian belakang. Kamu memerlukan item satu ini untuk menghadapi boss kelak. Tinggalkan tempat ini dan teruskan menjelajah sampai kamu menemukan tangga untuk mencapai lantai berikutnya, biasanya terletak di paling utara. Di 10F, sebaiknya kamu mempersiapkan diri dengan Persona yang memiliki skill Tarukaja (タルカジャ) dan Rakunda (ラクンダ).

Usahakan juga teman-temanmu sudah mengusai level 3 magic (アギラオ, ガルーラ, ブフーラ atau ジオンガ). Lebih tinggi malah lebih baik. Bawalah Yukiko atau Kuma sebagai healer utama kamu. Setelah siap, pastikan save lalu periksa pintu yang ada. Kamu memerlukan くらやみのたま yang kamu dapatkan di 7F sebelumnya. Pilih pilihan 1 untuk masuk.

BOSS: MITSUO'S SHADOW (美津雄の影)

Kelemahan: -

Boss ini curang!! Pertama, dia akan membangun pelindung yang harus dihancurkan terlebih dahulu. Kedua, dia punya 2 giliran untuk menyerang. Nggak adil! Segera gunakan Rakunda untuk melemahkan pertahanan boss, lalu Tarukaja ke karakter terkuatmu. Gunakan serangan terkuatmu untuk menghancurkan pelindung yang ada. Setelah pelindungnya hancur, boss yang sebenarnya akan muncul.

Langsung aktifkan All Out Attack! Teruskan menyerang dengan serangan terkuatmu. Setelah beberapa saat dia akan mencoba membangun pelindungnya lagi. Cegah dengan secepatnya mengeluarkan serangan terkuatmu. Jika sukses, maka dia aka terjatuh dan kamu bisa mengaktifkan All Out Attack lagi. Yang paling menyebalkan saat dia mengeluarkan 淀んだ空気, デビルタッチ, デビルスマイル karena setelah itu dia akan mengeluarkan 亡者の嘆き.

Kenapa begitu? Semua combo itu bisa menyebabkan Game Over kalau MC terkena dan kamu tidak memiliki Homunculus. Untuk pencegahan, gunakan Sukukaja (スクカジャ) untuk meningkatkan kemampuan menghindar dan berdoa semoga serangan boss meleset. Teruskan combo Rakunda, Tarukaja dan serangan terkuatmu untuk mengalahkan boss satu ini.

Phew! Setelah menang, kamu bisa menarik nafas. Kamu punya waktu sampai tanggal 12 Agustus untuk "menolong" Mitsuo. Sebelum tanggal 14 Agustus, sempatkan diri kembali ke ruangan paling atas. Boss rahasia belum muncul disaat ini, dan jika kamu memeriksa tumpukan tengkorak di sebelah kiri maka kamu akan menemukan sebuah pedang baru untuk MC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar